Minggu, 18 Maret 2012

MISKIN DAN KAYA

Miskin dan kaya
Suatu hari seorang darwis sedang berdoa dengan khusyuk. Seorang saudagar kaya mengamatinya dan tersentuh karena kekhusyuannya. ia menawarkan sekantung penuh uang,"aku tahu kau akan menggunakan uang ini di jalan Tuhan. Ambillah uang ini."
Aku tak yakin apakah aku berhak untuk mengambil uangmu. Apakah kau orang kaya? apakah kau punya uang lebih dirumahmu?" "oh, iya. Setidaknya aku punya seribu keping emas di rumahku," saudagar itu berkata dengan bangga.
Apa kau ingin seribu keping emas lagi? Tentu saja. setiap hari aku bekerja keras untuk mendapatkan lebih banyak uang lagi.
Dan setelah itu, apa kau ingin punya lebih banyak lagi ribuan keping emas?
"pasti. Setiap hari, aku berdoa agar aku dapat menghasilkan lebih banyak uang untukku." kata saudagar.
Darwis lalu menyerahkan sekantung keping emas kembali kpada saudagar. " Maaf aku tak dapat mengambil emasmu, seorang yang kaya tak berhak untuk mengambil uang dari seorang pengemis."
Bagaimana kau ini? enak saja kau sebut dirimu orang kaya dan kau panggil aku pengemis!" saudagar itu marah2.
Sang Darwis menjawab, " Aku adalah orang kaya karena aku puas dengan apa saja yang Tuhan berikan kepadaku. Sementara kau adalah pengemis, karena tidak peduli berapa banyak yang kau miliki, kau selalu tidak puas, dan selalu meminta lebih kepada Tuhan."

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Yayasan Ponpes Darussalam Martapura

Pengikut

Cari Blog Ini