Minggu, 18 Maret 2012

KH. Anang Sya'ranie Arief



K.H. ANANG SYA’RANI ARIF
K.H. Anang Sya'rani Arif adalah termasuk ulama besar yang dimiliki oleh Darussalam, dilahirkan pada tahun 1914 M di Kampung Melayu Ilir Martapura.  Pada masa perkembangannya beliau dididik dan diawasi langsung oleh K.H. Kasyful Anwar dan belajar pada alim ulama di kota Martapura, selanjutnya Beliau diutus oleh KH. Kasyful Anwar bersama beberapa pemuda lain untuk menuntut ilmu di Makkatul Mukarromah pada tahun 1330 H hingga menjadi seorang yang alim dan faqih, diantara guru-guru beliau adalah : Syech Umar Hamdan, Syech Muhammad Ali bin Husin Al-Maliki, Syech Ahyad Al-Bogori Syekh Amin Kutbi, dan banyak lagi yang lainnya.  Dan karena kealimannya Beliau sempat dipercaya untuk mengajar di Makkah Mukarromah hingga kembali ke Martapura tahun 1940 M.

Pada tahun 1959 Beliau dipercaya oleh KH. Abdul Qodir Hasan Pimpinan PP. Darussalam untuk menggantikannya sebagai pimpinan PP. Darussalam hingga tahun 1969.  Pada masa kepemimpin beliau pondok diberi nama “Madrasah Islam Darussalam”.  Beliau menetapkan tingkatan madrasah dengan tingkatan Ibtidaiyah 2 tahun, Tsanawiyah 2 tahun, Aliyah 3 tahun, serta menambah “Isti’dadul Muallimin” dan fakultas “Syariah Darussalam” sebagai tingkatan perguruan tinggi. Beliau juga membentuk Majelis Syuyukh yakni majelis para ulama tempat mereka bermusyawarah memutuskan perkara agama, disamping itu juga mengadakan pengajian khusus guru-guru di rumah beliau.

Diantara Kitab susunan beliau adalah Tanwiruth Thullab (Ilmu usul hadist) dan Hidayatuzzaman (Hadist tentang akhir zaman).  Sebelum beliau wafat berwasiat dan menunjuk K.H. Salim Ma’ruf sebagai pengganti beliau menjadi pimpinan.  Pada tanggal 14 Jumadil Awwal (1969 M) beliau berpulang kerahmatullah.  Tempat pemakaman beliau di Kubah Kampung Melayu Tengah Martapura.

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Yayasan Ponpes Darussalam Martapura

Pengikut

Cari Blog Ini