Jumat, 23 Maret 2012

KH. Abdussykur


KH. ABDUSSYUKUR
Beliau dilahirkan pada malam Jum’at tanggal 11 Sya’ban 1346 H bertepatan dengan 8 Agustus 1928 M, di desa Melayu Tengah Martapura.

Pendidikan beliau mengaji di Pondok Pesantren Darussalam hingga lulus Aliyah tahun 1950  dan mengaji kepada para Alim Ulama, diantaranya :
1.     K.H. Sya’rani Arif                                    
2.     K.H. Salim Ma’ruf                        
3.     K.H. Husin Qodri                         
4.     K.H. Semman Mulia                     
5.     K.H Salman Jalil                           
6.     K.H. Arfan (Dalam Pagar)
7.  K. Anang Jurzani 
8.  K.H.M. Ramli Ahmad 
9.  K. Marjuki 
10.Syech Yasin padang
11.Syech Ismail Al-yamani, dan lain-lain

KH.Abdusysykur mulai tahun 1950 mengajar di Pondok Pesantren Darussalam, dan ditunjuk oleh K.H. Salim Ma’ruf  (sewaktu sakit) untuk menjabat sementara bersama K.H. Muhdar sebagai Wakil.  SBeliau dipercaya untuk menjadi Ketua MUI Kabupaten Banjar sampai tahun 2007, selain itu Beliau juga menjabat sebagai Ketua Nazir Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Mustasyar/sesepuh Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Banjar, dan menjadi  Pimpinan Umum PP.Darussalam dan Ketua Yayasan PP.darussalam Martapura sejak tahun 1992 s/d 2007.

 Beliau banyak mengaji dan menimba ilmu agama kepada guru beliau yang sangat beliau cintai, yaitu K.H. Sya’rani Arif dan mendapat Futuh dari beliau.

Beliau wafat pada hari Sabtu tanggal 5 Robiul Awwal 1428 H bertepatan pada tanggal 24 Maret 2007 M.  Pada jam 12.20 Wita dan dimakamkan di samping guru beliau K.H. Sya’rani Arif di kubah Kampung Melayu Tengah Martapura.

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Yayasan Ponpes Darussalam Martapura

Pengikut

Cari Blog Ini